oke untuk lebih jelasnya mari kita lihat tutorialnya di bawah ini :
Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop

Teknik dan cara pembuatan wpap mempunyai bermacam-macam metode, pada dasarnya menggunakan teknik tracing / menjiplak / ngeblat yang disesuaikan dengan gaya wpap yaitu berupa bidang dari garis lurus tak beraturan. Teknik tracing berupaya untuk menyederhanakan bentuk gambar kurva menjadi bidang bersudut sederhana. Sangat jarang wpap menggunakan kurva atau garis melengkung, bahkan tidak ada. Karena pada saat pembuatannya wpap menggunakan hanya garis luru. Kita bisa membuat seni wpap denganprogram komputer untuk efektifitas pembuatan. Anda bisa membuat wpap denganCorelDraw dan tentu saja Anda bisa membuat wpap dengan photoshop.
![]() |
Add caption |
Dibalik ide dan penemuan WPAP adalah sebenarnya diawali dari tuntutan. Dimulai dari kejenuhan dan faktor usia yang membuat detail penglihatan Wedha menurun. Penemu wpap ini selanjutnya mencari alternatif cara melukis dengan lebih mudah dengan hasil sederhana tanpa mengurangi estetika dan dapat dikerjakan oleh mata ‘tua’ seperti yang dialaminya.
Dan mulailah pada sekitar tahun 1990-1991 beliau mengilustrasikan wajah manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis. Dengan berbagai pengalaman utak atik blok warna dan tuntutan kerja melukis untuk majalah hai Jakarta, Foto Marak Berkotak FMB berhasil ditemukan. Sejak teknik itu dipakai Wedha memposisikan dirinya sebagai penemu teknik seni rupa ini yang pada perjalannya diganti nama menjadi Wedhas’s Pop Art Portrait WPAP. WPAP adalah seni asli Indonesia dan bahkan digadang pertama di dunia. Apresiasi semakin memuncak dengan diterbitkannya sebuah komunitas wpap di dunia maya, Anda bisa akses di wpapcommunity.com
Cara Membuat WPAP dengan Photoshop
Dalam membuat ilustrasi WPAP memakai teknik tracing/jiplak. Namun tidak men-trace semua yang ada di foto tersebut, melainkan tracing yang kreatif yaitu tracingmenurut apa yang ada di kreatifitas anda.
Satu hal lagi, gaya WPAP ini terdiri dari garis-garis yang kaku, jadi hindari garis lengkung atau smooth curves.
1. Buka salah satu foto yang akan di-trace ke dalam Photoshop. File > Open… (Ctrl + O) Windows / (Cmd + O) Mac OS.
2. Aktifkan Pen Tool (P). Dan pastikan mode-nya dalam Shape Layers dan Style-nya ubah memakai 1 Px Stroke 0% Fill Opacity.
3. Trace bagian-bagian yang mempunyai batas-batas perbedaan warna, intensitas, ataupun gelap-terangnya. Pastikan membuat kurva yang tertutup.
4. Trace hingga seluruh bagian-bagian foto.
Untuk memilih kurva-kurva yang sudah dibuat bisa menggunakan Path Selection Tool(A).
5. Anda bisa merubah bentuk kurva dengan Direct Selection Tool (A) apabila dirasa ada yang kurang pas.
Shortcut untuk mengganti tool dari Path Selection Tool ke Direct Selection Tool atau sebaliknya adalah dengan (Shift + A)
Tarik bagian titik-titiknya.
6. Apabila ada kurva yang urutan layer-nya tidak sesuai bisa diatur urutan layer-nya di menu Layer > Arrange
Ada beberapa menu Arrange:
Bring to Front: menjadikan layer yang dipilih berada di urutan teratas.
(Shift + Ctrl + ]) Windows / (Shift + Cmd + ]) Mac OS
(Shift + Ctrl + ]) Windows / (Shift + Cmd + ]) Mac OS
Bring Forward: layer yang dipilih naik satu urutan menjadi di atas layer yang diatasnya.
( Ctrl + ] ) Windows / ( Cmd + ] ) Mac OS
( Ctrl + ] ) Windows / ( Cmd + ] ) Mac OS
Send Backward: layer yang dipilih turun satu urutan menjadi di bawah layer yang dibawahnya.
( Ctrl + [ ) Windows / ( Cmd + [ ) Mac OS
( Ctrl + [ ) Windows / ( Cmd + [ ) Mac OS
Send to Back: menjadikan layer yang dipilih berada di urutan terbawah.
( Shift + Ctrl + [ ) Windows / ( Shift + Cmd + [ ) Mac OS
( Shift + Ctrl + [ ) Windows / ( Shift + Cmd + [ ) Mac OS
7. Pilih kurva jadikan settingan di layer-nya Fill menjadi 100%, klik di icon bergambar mata di sebelah tulisan Effects untuk menghillangkan efek garis. Dobel klik di Layer thumbnail untuk mengubah warna kurva yang dipilih.
8. Dan warnailah dengan warna-warna popart, dengan artian warna-warna yang memberontak dari warna aslinya.
9. Anda bisa membuat desain background juga apabila dirasa terlalu kosong.
Tutorial Cara Membuat WPAP dengan
Adobe Ilustrator
WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait adalah style design yang diperkenalkan oleh Wedha Abdul Rasyid pada tahun 1990-an di usianya yang ke 40. Latar belakangnya adalah usia yang sudah tidak muda lagi sehingga kemampuan dalam melukis wajah secara realistik menjadi semakin sulit karena indra penglihatannya yang sudah tidak setajam dulu. Maka beliau mulai mencari celah lain untuk menggambarkan sosok manusia dengan garis-garis imajiner dan bidang-bidang datar yang membentuk karakteristik wajah dan menggunakan warna-warna cerah untuk mempertegas wajah tersebut. Beliau telah mengalami proses panjang. Maka giliran kita untuk menghargainya. Kita bisa membuat WPAP sendiri. Caranya mudah. Kali ini saya akan menunjukkan panduannya. Selamat mencoba
1. Persiapan.
- Pilihlah foto wajah yang High Resolution. Hal ini akan memudahkan anda membuat guratan dalam WPAP foto tersebut.
- Gunakan Software berbasis Vector, seperti Coreldraw atau Adobe Ilustrator.
2. Membentuk Outline Mata, Hidung, Bibir.
Aturan dalam WPAP berbeda dengan pembuatan vector wajah. WPAP tidak perlu repot-repot mengikuti lengkungan wajah. Bidang yang dibuat WPAP “bersudut” untuk vector bidang yang dibuat membulat. Maka bentuk wajah dengan menggunakan bezier tools. Jangan menahan garis yang anda buat karena menyebabkan garis anda melengkung, dan tidak sesuai dengan style WPAP. Usahakan bidang yang anda buat tetap membentuk sudut, maksimal 140 derajat.
Warnai sisi gelap terang, bisa dengan alat bantu eyedroper atau dengan menahan click pada palet warna sesuai keinginan anda.
Maka jadilah sepasang mata.
Untuk hidung dan bibir, gunakan bezier tools dan muat skin tone dari object tersebut dengan warna abu-abu.
Untuk memudahkan memilih warna yang akan digunakan, kita buat skin tone vector dari wajahnya dulu. Skin tone adalah perbedaan warna gelap dan terang pada object wajah. Buat skintone, dengan memuat warna abu-abu dan pisahkan gelap terang dari warna kulit object. dan warna skin tone pada bagian kerudung.
3. Pewarnaan WPAP.
Pewarnaan WPAP dilakukan dengan warna-warna cerah, akan tetapi tetap memperhatikan sisi gelap dan terang permukaan kulit yang menghasilkan perpaduan warna yang realistik dan elegant.
Dengan bantuan Skin tone kita lebih mudah untuk membedakan gelap terang warna yang akan kita gunakan. Setelah diwarnai maka hasilnya menjadi seperti ini:
Terakhir, hadiahkan desain anda pada mereka yang anda sayangi dan ingin beri kejutan. Untuk penggunaan tools-tools Coreldraw bisa dilihat di sini. Salam kreatif
Tutorial Cara Membuat WPAP dengan
Corel Draw
Persiapan
1. Pilih foto terbaik anda. Manakah yang akan anda vector. Saya sarankan yang sederhana dan tidak butuh terlalu banyak tekstur.
2. Gunakan tools “Bezier” atau “Pen” untuk menggambar mata. Kali ini, saya akan mempraktekkan bagaimana membuat vector mata dengan “Bezier Tools”.
3. Buat garis dengan Bezier tools.
4. Kemudian ubah dengan tools curve. Gunakan “shape tools”, lalu klik pada garis yang ingin kita buat melengkung. Ketika sudah terseleksi garis tersebut, klik “Convert Line To curve”. Kemudian drag garis hingga melengkung sesuai dengan garis mata.
4. Atau cara paling cepat, buat garis lengkung secara langsung dengan membuat garis lurus seperti cara diatas, tanpa melepas click kiri pada mouse, hingga garis dapat melengkung dan buat garis sesuai dengan garis mata.
5. Berikutnya adalah pewarnaan. Dalam tehnik pewarnaan diperlukan turunan warna. Turunan warna ini didapat dengan menggunakan “eyedropper tool”, tapi sebelumnya aktifkan “Dockercolour Window” dulu.
6. Lalu “Docker Colour Window” akan keluar disebelah kanan lembar kerja anda.
7. Smart Fill adalah tools praktis untuk mewarnai bidang yang kita ingini dengan syarat bidang yang akan kita isi warnanya tidak boleh mengalami “kebocoran”. Contoh penggunaan smart fill, kali ini saya akan mewarnai bola mata dengan warna hitam dengan menggunakan smart fill:
8. Perhatikan bidang bulat yang melewati garis mata yang kita buat tadi. Saya buat melebihi dari garis mata agar sama bentuk bulat mata yang asli dengan bentuk mata yang akan kita vector nanti. Stepnya adalah, kita buat bulatan dengan “elipse tools” untuk membuat bidang yang bulat sempurna dengan menekan tombol CTRL ketika kita drag bidang bulat yang kita inginkan. Lalu sesuaikan bulatan yang belum terisi warna tersebut sampai sama dengan posisi bola mata sebenarnya. Klik “Smart Fill”, kemudian klik pada object yang ingin anda isi warna. Apabila warna yang dihasilkan tidak seperti yang anda harapkan, bisa anda ganti warna sesuai yang anda kehendaki dengan klik panel warna yang ada. Klik kanan untuk mewarnai “outline/garis luar”, dan klik kiri untuk mewarnai “inline/bidang”.
9. Eyedropper adalah tools yang bisa kita gunakan untuk mencuri warna. Kita dapat ambil berbagai macam warna yang ada dalam bidang apapun. Meskipun object yang ingin kita ambil warnanya memiliki format bitmap maupun Vector.
10. Kali ini, eyedropper kita gunakan untuk mendapat turunan warna apa yang cocok untuk vector yang akan kita buat. Misalnya untuk pewarnaan kulit. Kita gunakan warna coklat tua hingga coklat muda. Turunan warna itu akan kita dapat dengan mengaktifkan Eyedroper dan klik pada daerah yang ingin kita ketahui turunan warna apa saja yang ada, dan yang mungkin cocok sebagai warna vector kita. Warna yang diambil oleh “eyedropper” akan masuk kedalam “Docker Colour Window” yang berada disisi kanan lembar kerja anda.
Penerapan
1. Pertama, buat garis mata sesuai gambar asli.
2. Tumpuk dengan bidang bulat.
3. Gunakan smartfill. Warnai masing-masing bidangnya. Dan hapus bidang bulat yang berlebih.
4. Berikan sedikit perbedaan gelap terang pada sudut-sudut mata. Dengan menggunakan Bezier tools, smartfill, dan eyedropper jika diperlukan.
5. Tambahkan sedikit pemanis di bagian mata agar terlihat lebih hidup.
6. Sekarang buat sisi gelap terang di sekitar matanya. Gunakan Bezier tools, smart fill dan eyedroper untuk mendapatkan warna yang sesuai warna aslinya.
7. Copy menjadi dua, lalu lakukan mirroring untuk kedua mata.
8. Buat pula bagian alis dengan Bezier tools.
9. Lihat hasil vector kita ketika dipasang background putih.
10. Vector di bagian mata sudah selesai. Anda dapat melanjutkan dengan secara berturut-turut membuat vektor untuk bagian bibir, hidung, wajah, kemudian sedikit bagian badan.
Cukup panjang ya? Meskipun demikian, saya harap prosesnya menyenangkan untuk anda
Sebenarnya popart lebih cepat dibuat di software-software berbasis vektor, sepertiAdobe Illustrator, CorelDRAW, Freehand, dan software lainnya yang sejenis. Bahkan kalau anda orang yang teliti dan bisa bersabar, membuat WPAP dengan Microsoft PAINT pun pasti bisa.
dan jika kalian ingin lihat vesi vidionya silahkan lihat di bawah ini
buat artikel lainnya dulu.....
Demikian sedikit pengenalan tentang WPAP, saya rasa banyak sekali kekurangannya jadi saya memohon maaf.
Belum ada ketentuan yang jelas mengenai bagaimana “sebaiknya” membuat WPAP. Mungkin hanya dari bapak Wedha sendiri yang bisa menjelaskannya.
Belum ada ketentuan yang jelas mengenai bagaimana “sebaiknya” membuat WPAP. Mungkin hanya dari bapak Wedha sendiri yang bisa menjelaskannya.
keeereeen.... menginspirasi untuk belajar photoshop
BalasHapusterbaik lah kau indra animator
BalasHapusKeren :-) Tingkatkan lgi kawan ☺��
BalasHapus